27 Desember 2009

Mempartisi Hardisk External

Beberapa hari yang lalu saya baru membeli sebuah hardisk external (Transcend StoreJet 250 GB). Saya ingin membuat 3 buah partisi untuk hardisk external ini dengan komposisi seperti di bawah ini.
  • 100 GB - Data Disk Ext 1
  • 100 GB - Data Disk Ext 2
  • 50 GB - University

Sistem Operasi yang saya gunakan saat ini adalah Windows 7 Ultimate. Ada tool built in dari Windows 7 yang khusus untuk me-manage partisi sebuah hardisk (tool ini sudah terdapat dari Sistem Operasi Windows Vista). Tool bulit in ini bernama Disk Management. Untuk menggunakannya buka Control Panel lalu ketikkan partition.

lalu pilih Administrative Tools - Create and format hard disk partitions

Atau melalui start windows lalu klik kanan dan pilih menu Manage

Lalu akan muncul menu Disk Management. Di dalam tools ini kita dapat menambahkan (Extend) atau mengurangi (Shrink) jumlah space hard disk kita. 

Akan tetapi tool built in ini menurut saya kurang bagus untuk mepartisi. Untuk itu saya gunakan Partition Wizard 4.2.2 Home Edition (Freeware). Pada website resminya dapat di lihat bahwa software ini telah compatible dengan Windows 7.

Untuk itu anda dapat mendownload nya pada link di bawah ini :

Setelah di download dan di install, jalankan software ini. Lalu akan muncul jendela Partition Wizard 4.2.2 Home Edition. Lihat screenshoot nya pada gambar di bawah ini :

Sekilas interface dari software ini lebih mirip dengan Partition Manager. Akan tetapi dengan pengalaman saya yang pernah kehilangan seluruh file di dalam hard disk :( (partition manager yang tidak kompatible dengan vista), saya merekomendasikan software ini sebagai software me-manage hardisk anda. Dengan software ini saya jadi lebih mudah untuk membuat partisi, menghapus partisi, membesarkan partisi tanpa menghapus isi file, mengganti huruf drive, mengganti label, dll.

Selamat Mencoba! 

Tidak ada komentar: